Hallo sobat ! Selamat datang di caritentang.blogspot.com | Follow | Contact | Forum | Pasang Iklan
Home » , , » Cara Membuat SKCK Terbaru 2013

Cara Membuat SKCK Terbaru 2013

Ditulis oleh Gunawan hari Senin, 18 Februari 2013 | 8:34 PM





Cara Membuat SKCK Terbaru 2013 - Tulisan ini berdasarkan pengalaman saya hari ini tanggal 18 Februari 2013.Tujuan saya membuat SKCK adalah untuk melamar pekerjaan, sebenarnya banyak dari kegunaan SKCK, jadi bisa menyesuaikan seperti syarat untuk kuliah, syarat untuk CPNS atau syarat untuk menjadi kepala pekon, dan lain sebaginya. Untuk memperoleh SKCK, berikut surat-surat yang harus dimiliki sebagai kelengkapan dalam membuat SKCK:

Proses ke Kelurahan - Polsek - Polres (tempat pembuatan SKCK)

Pertama di Kelurahan :
1. Fotocopy KTP 1 lembar
2. Fotocopy KK 1 lembar

Dari Kelurahan akan dibuatkan surat pengantar ke Polsek. Surat yang dibutuhkan di Polsek, antara lain:
1. Surat Pengatar dari Kelurahan
2. Fotocopy KTP 1 lembar
3. Fotocopy KK 1 lembar
4. Fotocopy Surat Pengantar dari Kelurahan 1 lembar

Dari Polsek akan dibuatkan surat pengantar ke Polres. Pembuatan suratnya dikenakan biaya 20 ribu. Sekarang persiapan ke Polres:
1. Surat Pengantar dari Polsek.
2. Surat Pengantar dari Kelurahan.
3. Fotocopy KK 1 lembar
4. Fotocopy KTP 1 lembar
5. Pas foto ukuran 3x4 dan 4x6 sebanyak 2 lembar (untuk yang belum membuat rumus sidik jari sediakan pas foto 3x4 sebanyak 5 lembar)
6. Map untuk menaruh semua berkas

Bagaimana proses pembuatannya:
  1. Setelah datang ke Polres lalu segeralah ke ruangan tempat membuat rumus sidik jari di sana akan disediakan form lalu isi, dan kita akan cap sidik jari kesepuluh jari tangan, jangan lupa untuk mencopy 1 lembar (biaya 20 ribu)
  2. Setelah itu baru minta formulir dari loket SKCK untuk diisi datanya
  3. Menyerahkan formulir yang telah diisi, beserta copy rumus sidik jari, dan kelengkapan surat yang dibawa saat ke Polres, nanti kita akan dipanggil dan diminta tanda tangan serta menulis nama lengkap di bawah tanda tangan
  4. Tunggu namanya dipanggil kembali, saat dipanggil kembali nanti disuruh mengcopy SKCK yang telah jadi sebanyak 6 lembar dan membeli 2 map lagi
  5. Serahkan kembali copyan beserta mapnya untuk diberi cap legalisir (biaya 20 ribu)
  6. Proses selesai, tetapi sekedar catatan sebaiknya diperhatikan apakah ada kesalahan nama dan lainnya mengingat takut terjadi kesalahan penulisan
Bagikan Artikel di :

facebook comment

33 komentar

kok makin panjang sih birokrasinya. apanya yang reformasi birokrasi !!!

Jadi total buat skck 60rb??

Iya kemarin saya habis segitu buat SKCK

Tahun 2010 saya bikin SKCK hanya mengekuarkan biaya 15rb hanya untuk biaya administrasi saja, tapi saya tidak menyangka sekarang sampai segitu mahalnya. Dan dulu saya buat SKCK tidak sesulit itu. Semakin kesini semakin dipersulit!!!

Iya sob di daerah tempat saya begitu :(

Wah harus ke polres lagi yah...apa prosesnya bisa selesai dalam sehari?

Bisa asal tidak mati lampu :D

Untuk dpt surat ktrgan dr klurahan, lgsg mnta k klurahan atau prlu mnta surat pngantar dr RT n RW dulu???

Dari rt rp 10rb,trs ke klurahan rp 10rb,trs ke kecamatan rp 10rb,ke koramil rp 10rb,trs ke polres 20rb,blm lg buat foto,fotocopy ktp/kk..,rokok,minum,makan,bensin dll..,ribet deh..

Kalau saya langsung ke kelurahan :D

memang ribet si gan tapi gimana namanya prosedur :)

Saya gk ke polres. Hnya ke polsek, tpi yg bkin ilfeel gan, terjadi ksalahan data, jelas" d foto gua itu kumisan, masa d tlis prempu, najos, gk profesional.nya, :/ biaya total sih 15rb pngantar kel. Sama skck 20, 35rb, krena hrus bkn ulang jadi +20rb, 55rb, X(

Jadi kesalahan data bayar lagi ya gan saya ditulis agamanya Islam padahal saya tulis Kristen belum dibenerin :(

Di bekasi juga sama ni, ribet bener bikin nya, biayanya juga sma..
Dulu ane bikin tinggal dteng duang di kasih formulir..

klo bikin skck, tp lokasi pembuatan nggak sesuai dengan alamat di KTP bisa nggak ya? saat ini gw tinggal di jakarta, tp KTP jawa timur. ;))

Ribet banget yahhh....
ada yg bilang ke rt,rw,kelurahan,kecamatan,kepolsek,kepolres...hedeeuuhh..!!
knpa sih hrus d bkin ribett.. :D

birokrasi=kalo bisa dipersulit kenapa di permudah??

pungutannya ga ada dasar hukumnya tuh, biaya pembuatan SKCK sesuai PP Nomor 50 Tahun 2010 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Kepolisian adalah sebesar Rp10.000,-
Biaya di luar itu adalah pungli

Astaga! Ribet bener.. x'( Aku baru mau ngurus skck buat cpns.. Hadeeeh.... T.T

Harus polsek dulu baru polres?? Knp ga lgsg ke polres ajaa gt yak?? Sungguh rumiiit birokrasi kita,,umur habis buat ngurus selembar surat aja -___-

Anyway,,makasih infonya yaa,,manfaat bgt looh,aku juga mau urus buat psyaratan cpns

Itu untk daerah mana y klo bleh tau.??
Klo prosedur d kab.bandung sama Ъќ>:/ y ky gth.??

Itu di daerah bandarlampung, kalo di bandung kurang tau

Kalo kita gak ke rt rw dulu emang gapapa? Duh aku bingung jadinya :'( makasih ya infonya, buat tugas sekolah nih disuruh bikin video tentang cara pembuatan skck. Ternyata serumit itu yah :'(

masih tidak serumit apa yg ada disini, RT-KANTOR DESA-KECAMATAN-KORAMIL-POLSEK-POLRES...
Ya kira" habis Rp.50rb+
gimna pendapat kalian ???

hihihihihihii,,,:D

masa aktif skck brp lm sih? skckku dah 8 bln. males bgt ngulang dr awal...

Kalau ga salah cuma 6 bulan da harus buat ulang lagi

d cianjur g usah k polsek dri kdesaan langsung aja k polres....
jadi smua biaya cuma 35rb.
aminnnnn

kok amin gan baru mau buat ya :)

Silahkan berkomentar apabila ada pertanyaan. Terima kasih.

 
Kritik dan Saran Kirim via Email ke caritentang@ymail.com
Copyright © 2013. Cari Tentang - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website | Edited by Gunawan
Proudly powered by Blogger