Catatan Keuangan

Grid Computing dan Cloud Computing

loading...

Grid Computing dan Cloud Computing - Tahun 2000 sampai 2005 tren permintaan pengguna di google tentang Grid Computing sangat tinggi, akan tetapi tahun 2005 ke atas tren ini bergeser ke Cloud Computing.

Sebenarnya apa sih perbedaan antara Grid Computing dan Cloud Computing. Grid Computing adalah komputasi yang dilakukan oleh banyak komputer di belahan dunia yang terhubung oleh koneksi internet. Misalnya, pengguna mengatakan, saya perlu 15 komputer untuk menyelesaikan pekerjaan saya. Maka Grid akan menyediakan, misalnya 3 di Jogja , 6 di Jakarta, 4 di Makasar, 2 di Irian. Koneksi Komputer ini lewat internet. 


Terus seandainya dalam kasus diatas si Jogja hanya punya 1 komputer, tetapi dia bilang, saya punya 3 komputer. Hal ini didukung oleh teknologi virtualisasi, sehingga 1 komputer bisa menjadi 3 komputer. Begitu juga dengan daerah - daerah lainnya. Dengan demikian teknologi Grid yang menggunakan virtualisasi adalah Cloud Computing.

Disamping hal diatas, yang disediakan Grid Computing hanyalah hardware, sedangkan Cloud Computing yang disediakan adalah Software (Software as a Service, SaaS), Hardware (Hardware as a Service, HaaS) Infrastructure (Infrastructure as a Service, IaaS), dan Platform (Platform as a Service).

Refrensi : http://id.shvoong.com
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Grid Computing dan Cloud Computing"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar apabila ada pertanyaan. Terima kasih.